Selasa, 27 September 2011

Book Review : Lelaki Tua Dan Laut

                 Kali ini saya mau ngereview buku yang judulnya Lelaki Tua Dan Laut . Dikarang oleh Ernest Hemingway dari Amerika lahir tahun 1898 *itu jaman kapan? -__- .Buku ini judul aslinya The Old Man and the Seas .Buku ini terbitan tahun 1952. Buku ini di Indonesia ada dua versi. bedanya cuma di cover sama di penerbit aja kok, ceritanya sama aja.

versi pertama terbitan Pustaka Jaya 


                   Kalo yang dari Pustaka Jaya pertama kali terbit tahun 1983. Dan seperti buku pustaka jaya yang penuh hak cipta dan bla bla bla lainnya, buku ini di beri embel embel "Milik Negara Tidak Diperdagangkan". Saya dapet buku ini dari perpustakaan sekolah pas lagi ngobrak ngabrik lemari belakang. Gausah bingunglah kenapa buku ini ada di kamar saya sekarang :)

versi kedua Penerbit Serambi



      Yang ini versi Penerbit Serambi. Dengan cover yang cukup modern dan kata kata mutiara yang disematkan di bawah cover menjadikan buku ini "agak" lebih menarik daripada yang terbitan Pustaka Jaya. Terbit tahun 2009. Dan buku ini diperdagangkan kawan ! saya pertama kali baca buku ini yang versi Penerbit Serambi. Dapet minjem dari Taman Bacaan Pitimoss. Buku ini teh direkomendasiin sama si mantan orang lain terus aku teh..... AH UDAHLAH gausah diterusin *brbgalau

    Buku ini menurut saya lebih ke filosofis daripada sebagai hiburan.Saya juga waktu baca sama sekali ga ngerti .Pas baca kedua kali baru agak ngeh nyeritain apa ini teh.Ringkasannya kaya gini :

Lelaki Tua dan Laut (The Old Man and the Sea) berkisah tentang perjuangan luar biasa seorang nelayan tua Kuba yang seorang diri berusaha menangkap ikan marlin raksasa jauh di laut lepas setelah sebelumnya gagal menangkap seekor ikan pun selama 84 hari dan persahabatannya dengan seorang anak lelaki. Perjuangan pantang menyerah sang lelaki tua dalam mencapai tujuannya mengajarkan kepada kita betapa kesabaran, ketabahan, dan kegigihan dalam mengarungi cobaan hidup tak akan berakhir sia-sia.

    Buku ini ga disarankan buat kalian yang males mikir.Dan kalo mau baca tapi gamau ngeluarin uang, obrak abrik aja lemari perpustakaan sekolah kalian. Kadang banyak harta karun yang terpendam disana :)

Selamat Membaca :)

1 komentar: